Skip to content

Unboxing Lightstick ANGERME “Starting” Live Tour 2015

5 menit

Dua tahun tersimpan dalam segel pusaka, kemasan lighstick keramat ANGERME ini terpaksa disobek keperawanannya demi konser mini Juice=Juice, adik seperguruan girlband tercinta saya itu, yang jatuh pada hari Minggu (24/9) besok.

 

Soal warna lightstick, grup-grup Hello!Project (dan kebanyakan grup idol Jepang lainnya) lebih fleksibel lantaran warna bukan berdasarkan grup melainkan berdasarkan member. Jadi bisa dipastikan di tiap grup pasti ada member yang memakai warna merah, biru, kuning, dan warna-warna standar lainnya.  Dengan begitu, membawa lighstick grup mana pun tak jadi soal sepanjang member yang kita dukung (oshi) warnanya ada di lightstick tersebut.

Ya, benar. Lightstick grup Hello!Project adalah lighstick yang warnanya bisa diganti-ganti. Termasuk lightstick ANGERME ini.

Saya sebut keramat karena merupakan lightstick pertama ANGERME sejak berganti nama dari S/mileage di akhir tahun 2014. Dirilis sebagai merchandise tur pertama mereka sebagai ANGERME, “Starting” -saya memperolehnya di pertengahan 2015 sebagai sisa stok. Lightstick ini praktis merupakan tonggak sejarah grup kesayangan saya itu, dimana pada bagian belakangnya terukir nama-nama member line-up pertama ANGERME. Sakral!

Setelah tur tersebut, model lightstick ANGERME mulai ikut-ikutan lightstick grup K-pop. Dengan bentuk tidak standar mengikuti logo sayap mereka, dan ketika diacungkan jadi mirip lightstick Big Bang (ada warna kuningnya, jadi bisa tuh dipake nyaru di konser Big Bang). Bisa dibilang, lightstick ini sudah menjadi rare item bagi fans ANGERME yang tidak suka bentuk macam-macam.

 

Beginilah penampakan lighstick ANGERME saat masih tersegel. Bentuk fisiknya serupa dengan lighstick multi warna yang menjadi ‘standar’ bagi wota di sana, King Blade. Warna kemasannya biru muda, yang merupakan warna kebangsaan ANGERME (putih, hitam, dan biru muda). Plastiknya tidak bisa dibuka dengan disobek, jadi harus digunting.

 

Kertas kemasannya sebenarnya membosankan, tidak seramai kemasan lightstick grup sesama Hello!Project, C-ute. Hanya ada logo ANGERME dan logo kecil Hello!Project. Oh, dan logo Hello!Project-nya masih yang lama punya, warna biru tua. Sekarang, warnanya jadi biru lebih muda sedikit. Iya, ganti logo cuma ganti warna doang dimudain dikit. Haha.

 

Di bagian gagang, ada kertas menyelip di tutup baterainya. Begitu ditarik, lightstick sempat menyala sebentar kemudian mati. Lho, ini sudah ada baterainya? Saya pun coba membuka kontainer baterainya.

 

Rupanya benar sudah ada dua baterai AA di dalam kontainer. Sedikit membingungkan, sebab setahu saya baterai adalah salah satu barang yang tak boleh dikirim lewat paket internasional. Mungkin asal dikasih selipan kertas itu, kali ya? Jadi fungsi selipan kertasnya supaya baterainya tidak aktif, karena arusnya dihalangi.

 

Di bagian belakang logo ANGERME, terdapat bagian yang membuat saya tercenung mengeja nama-nama yang tertulis di sana. Dua dari nama-nama itu sudah graduate. Satu sedang hiatus, sudah setahun lamanya. Sedangkan setelah mereka ada empat member yang bergabung kemudian, tentu namanya belum ada di sana. Saya jadi merasa tua sebagai fans.

 

Satu lagi bagian yang membuat saya tercenung lantaran cukup detil, yaitu bagian tali cantelannya yang berwarna biru muda. Di atasnya, ada tulisan ANGERME berwarna putih. Saya pikir, detil amat sampe tali cantelannya pun dikasih ornamen begitu.

 

Seperti yang saya ketik di atas, lightstick ini adalah lightstick yang bisa berganti warna. Di bagian bawah gagang inilah, kontrol atas warna itu dilakukan. Setengah bagian atas yang teksturnya polos adalah tombol on/off. Sedangkan fungsi ganti warna dilakukan dengan menekan setengah bagian bawah yang bertekstur. Cukup akrobatik juga kalo mau ganti warna, sih.

Di lightstick ini terdapat 9 pilihan warna, sesuai dengan warna masing-masing member saat lighstick ini dirilis (yang namanya ada di belakang logo tadi). Urutan warna akan mengikuti urutan member dari generasi paling tua sampai paling muda, lalu per generasi dari usia paling tua sampai usia paling muda. Kalau sudah fans sih pasti hafal otomatis urutannya, termasuk member mana memakai warna apa.

Saya menguji masing-masing warna tersebut, dan urutannya sebagai berikut (beserta member yang memakainya):

 

Merah  (Ayaka Wada)

 

Pink (Kanon Fukuda, sudah graduate. Kini warnanya digunakan oleh member generasi ke-5, Momona Kasahara)

 

Light Pink (Kana Nakanishi)

 

Biru tua (Akari Takeuchi)

 

Oranye (Rina Katsuta)

 

Ungu (Meimi Tamura, sudah graduate. Kini warnanya digunakan oleh member generasi ke-6, Ayano Kawamura)

 

Biru muda (Mizuki Murota)

 

Hijau (Maho Aikawa)

 

Dan terakhir warna Kuning (Rikako Sasaki, oshi saya. Ehe.)

 

Karena lightstick ini memang dibuat khusus untuk (fans) ANGERME, jadi warnanya hanya 9 itu saja. Sebagai perbandingan, lightstick grup C-ute hanya memiliki 5 warna. Namun lightstick Morning Musume yang terbaru memiliki 14 warna, karena jumlah membernya memang sebanyak 14 orang dengan warna berbeda-beda.

Di sisi lain, jumlah warna standar sebuah lighstick King Blade -yang menjadi ‘template’ lightstick ini, adalah 15 warna. Jadi jika hanya ingin punya satu lightstick tapi bisa dibawa ke konser grup Hello!Project mana saja, lebih baik beli lightstick King Blade. Generik, tapi praktis.

Kebetulan saja, warna oshi saya di Juice-Juice, Tomoko Kanazawa, serupa dengan warna dari leader ANGERME Ayaka Wada, yaitu merah. Begitu pun oshi saya di Country Girls yang besok turut serta ke Jakarta sebagai member Juice=Juice, Nanami Yanagawa, memiliki warna yang sama dengan subleader ANGERME Akari Takeuchi, Biru.

Tapi andai besok yang datang adalah Morning Musume, saya tentu akan kesulitan karena lightstick ini tak memiliki warna oshi saya di sana, Masaki Sato, yaitu warna turquoise. Akal-akalannya, menggunakan warna yang agak nyaru, yakni biru muda atau hijau.

Seperti juga besok, semoga lightstick ini bisa nyaru dengan lightstick asli Juice=Juice di lapangan. Hehe.

 

Komentar Anda