Skip to content

“Windy Day”, Abum Kelas Sophomore K-pop Terbaik 2016 Sejauh Ini

3 menit

Album Windy Day
Artis Oh My Girl
Rilis 2016

Rating 9/10

 

Album Windy Day ini di luar dugaan ternyata sangat bagus kala disejajarkan dengan album-album dari grup idola K-pop kelas sophomore tahun ini seperti GFriend, CLC, atau bahkan hingga Sonamoo dan Lovelyz. Album ini  merupakan repackage dari mini album Pink Ocean dengan tambahan dua lagu baru di dua track awal.

Track pembuka berjudul serupa, “Windy Day” awalnya berlagak macam K-pop sendu biasanya. Namun seiring gerakan indikator durasi ke kanan, aransemennya makin menarik. Kalo Anda sering mendengar girlband diolok-olok karena nyanyinya keroyokan, maka lagu ini adalah nyanyi keroyokan yang luar biasa solid dengan bagi-bagi vokal beda tipis a la f(x).

 

 

Dengan track pembuka akrobatik seperti itu, kita jadi mudah memaafkan saat balada standar “Stupid in Love” yang jadi track kedua mengalun. Namun biar standar juga, begitu  reffnya datang sulit untuk menahan tidak ikut singalong  -apalagi jika suasana hati sesuai.

Dan Oh My Girl punya amunisi lebih untuk balada manis seperti ini. Setidaknya “B612” (seperti nama app selfie itu) dan “한 발짝 두 발짝 (Step By Step)” yang berasal dari mini album Pink Ocean turut menyebar di album ini dan siap ditembakkan jika memang suka lagu-lagu sejenis.

Sementara itu track lapis kedua “I Found Love” dan “Knock Knock” adalah tipikal tempo medium yang layak dijadikan hits lanjutan setelah “Liar Liar” jika saja album penuh ini tak dirilis. Meski juga seperti “Liar Liar”, dua lagu ini bukan tipikal yang akan menjadi hits besar di skena K-pop, tapi tak bisa juga kita pungkiri kualitasnya yang kuat.

“I Found Love” terutama cukup menantang ketepatan pitch personil-personil Oh My Girl yang juga menghadirkan efek samping merajuk dengan potensi menggoyahkan hati oppa yang mendengarnya. Sedangkan “Knock Knock” adalah RNB/funk ala The Neptunes yang memberi teguran pada pundak untuk bergoyang. Mimi yang bertanggungjawab pada divisi rap melakukan eksekusi yang pas.

Tak seperti kebanyakan album K-pop yang ditutup dengan versi instrumental dari title track, “Windy Day” mengakhiri playlist dengan versi Mandarin dari “Liar Liar”. Track ini sudah dirilis sebelumnya di Tiongkok secara eksklusif melalui edisi istimewa mini album Pink Ocean di sana.

Mendengarkan album ini secara utuh memberi pengalaman mengenal Oh My Girl secara penuh, bukan sekedar apa yang tersaji di “Liar Liar”. Bisa dikatakan personil-personil Oh My Girl adalah all-rounder di atas rata-rata, dengan musik yang tidak terjebak pada K-pop kebanyakan.

Sayangnya, justru itu yang mungkin menghalangi Oh My Girl mendapat apresiasi lebih baik. Ditambah tak begitu banyak gunjingan soal mereka -yah, selain media play visa AS yang gagal, yang harus diakui mampu mendongkrak popularitas grup sophomore K-pop lainnya.

Untuk sementara waktu, peluang mendapatkan pengakuan paling hanya berasal dari penggemar atau mereka yang benar-benar memerhatikan. Dan meski terlambat baru di album ini, saya cukup beruntung menjadi salah satunya.

 

OH MY GIRL
Official Website: http://www.ohmy-girl.com
Official Twitter: https://twitter.com/wm_ohmygirl
Official YouTube Channel: https://www.youtube.com/channel/UC-qYkzKFdekoEniRu_FS3zg
Official Instagram: https://www.instagram.com/wm_ohmygirl

 

Komentar Anda