Skip to content

Geliat Grup Asuhan Idol Senior Jepang di Festival Musim Panas 2017

7 menit

Meski kapasitas tak terisi penuh pada malam 18 Desember 2014 itu, idol legendaris Ami Kikuchi yang baru saja graduate dari Idoling!!! tak kuasa menahan tangis sejak lagu pertama. Dua tahun berlalu sejak dia merekrut 5 orang gadis belia pada tahun 2012 ke dalam grup idol yang dia produseri sendiri, Babyraids. Dan gadis-gadis asuhannya itu pada akhirnya dapat berdiri di atas panggung prestise di dunia idol Jepang, Nippon Budokan.

 

Babyraids bersama produser Ami Kikuchi (Idoling!!!) usai konser pertama mereka di Budokan, 2014.

 

Kini Babyraids -kemudian berubah nama menjadi Babyraids JAPAN, merupakan line up familiar dalam daftar pengisi festival musim panas. Bukan saja festival idol, mereka kerap pula tampil pada festival rock macam Rock In Japan. Tak heran jika festival multi-panggung seperti Tokyo Idol Festival selalu menyisihkan slot untuk Babyraids.

Tahun ini, Babyraids bukan satu-satunya grup asuhan idol senior yang mengisi panggung festival musim panas. Ada nama-nama baru yang memulai debut. Ada juga yang sudah muncul beberapa tahun lalu, pelan tapi pasti menggeliat ke papan atas headline di tahun ini. Dinasti idol baru mulai unjuk gigi meneruskan nama besar para pengasuhnya.  Siapa saja mereka, dan siapa idol senior yang berdiri di baliknya?

 

=LOVE

Diasuh oleh : Rino Sashihara (HKT48)

 

 

Sasshi, panggilan Rino Sashihara, adalah tipikal aktivis idol yang tak bisa diam. Di tahun 2012, dia memproduseri sendiri “Yubi Matsuri”, sebuah festival yang diisi berbagai idol dari berbagai agensi. Kemampuan sebagai produser ini juga yang membuatnya mendapat posisi sebagai co-manager di HKT48. Aktivitasnya sebagai ‘pemersatu’ idol pada Era Palagan Idol (Idol Warring State) antara lain melalui program “Idol Parliement”, mengantarnya sebagai Chairman Tokyo Idol Festival tahun ini.

 

=LOVE bersama produser Rino Sashihara (HKT48)

 

Tokyo Idol Festival juga menjadi panggung debut grup yang dia asuh, =LOVE (dibaca: equal love, atau ikorabu dalam bahasa Jepang). Terbentuk bulan April lalu setelah mengaudisi 103 peserta, =LOVE yang terdiri dari 12 member segera tinggal landas usai festival musim panas ini dengan merilis single major debut selftitled yang ditulis oleh Sasshi sendiri. Karena baru memiliki satu lagu, saat manggung mereka juga mengcover lagu-lagu AKB48 seperti “Oogoe Diamond” yang dibawakan pada festival JAM EXPO. Pinjam dulu lagunya ya, mak!

 

 

=LOVE
Official Website http://equal-love.jp/
Youtube channel https://www.youtube.com/channel/UCv7VutirxDn3RWIJXI68n_A

 

Up Up Girls (2)

Diasuh oleh: Up Up Girls

 

 

Saat Up Up Girls mengadakan audisi sister group, bayangan bahwa Up Up Girls (2) akan berdiri menjadi grup sendiri sebenarnya di luar dugaan. Pasalnya dalam waktu berdekatan, leader grup Minami Sengoku dan Ayano Sato mengumumkan akan graduate dari grup. Kirain saya, paling-paling Up Up Girls (2) ini akan menjadi grup feeder dimana mereka akan promosi ke Up Up Girls saat ada yang graduate.

 

Up Up Girls (2) minus member Rin Nakaoki (yang baru bergabung sebulan kemudian) saat diperkenalkan oleh Up Up Girls.

 

Usai terbentuk pada Februari tahun ini, Up Up Girls (2) pun awalnya lebih banyak menjadi penari latar bagi Up Up Girls. Hasilnya cukup menambah warna, terlebih keceriaan membernya yang seringkali overdosis namun memberi kesan kawaii. Barulah pada festival musim panas dimulai, Up Up Girls (2) ternyata tampil dalam slot panggung sendiri terutama pada Tokyo Idol Festival lalu. Serupa dengan =LOVE, Up Up Girls (2) juga memanfaatkan festival musim panas sebagai sesi peregangan otot untuk meluncurkan debut single mereka.

 

 

Up Up Girls (2)
Official Website http://www.upupgirlskakkokari.com/
Official Blog http://ameblo.jp/upupgirls2ki/

 

Petit PASSPO☆

Diasuh oleh: PASSPO☆

 

 

Soal mengasuh sister group, PASSPO☆ sudah lebih dulu dari Up Up Girls. Statusnya pun sudah jelas sejak awal, Petit PASSPO☆ secara penuh diproduseri oleh member PASSPO☆ dan diproyeksikan menjadi ‘sport idol’ yang  mapan pada saat Olimpiade Tokyo 2020 diselenggarakan. Pengalaman sang kakak merangkap produser sebagai idol dengan tema khusus (flight/penerbangan), membuat Petit PASSPO☆ sangat konsisten dengan tema olahraga sejak dibentuk pada Mei 2015 lalu.

 

Petit PASSPO☆ saat mengumumkan konser tunggal pertama mereka bersama produser sekaligus sister group PASSPO☆.

 

Di musim panas tahun ini, Petit PASSPO☆ dapat terlihat berkeliaran di panggung-panggung Tokyo Idol Festival dan juga JAM EXPO. Hal yang menarik melihat betapa sibuknya PASSPO☆ lantaran mereka sendiri juga memiliki jadwal padat di festival tersebut. Sementara jelang Petit PASSPO☆ tampil, mereka kerap tampak berada di belakang panggung adik-adiknya berdiskusi dengan stage manager. Atau ngembat konsumsinya. 😀

 

 

Petit PASSPO☆
Official Website
http://putipasspo.jp/
Official Twitter https://twitter.com/putipasspo
YouTube channel https://www.youtube.com/channel/UCYOxXSnnmolowSJ3f9VVLnA

 

Tsubaki Factory

Diasuh oleh: Saki Shimizu (Berryz Kobo)

 

 

Peran kapten semata wayang di kolektif idol Hello!Project ini (karena yang lainnya bertitel ‘leader’ atau ‘boss’) tak lepas dari jabatannya sebagai advisor Hello!Pro Kenshuusei pasca graduate dari Berryz Kobo tahun 2015 lalu. Hello!Pro Kenshuusei adalah akademi trainee bagi calon member grup idol Hello!Project, dan Saki Shimizu memiliki akses dalam menyeleksi member grup yang akan debut, khususnya Tsubaki Factory yang seluruh membernya dia asuh sejak masih trainee itu. Dia juga yang memilih nama Tsubaki Factory.

 

Tsubaki Factory bersama Saki Shimizu usai mengumumkan rencana debut single, sekaligus merayakan ulang tahun sang pengasuh.

 

Meski awalnya peran Saki masih terlalu umum dan bias, namun belakangan Tsubaki Factory dibranding sebagai grup asuhan Saki Shimizu. Saki sendiri nampak aktif berada di belakang panggung dalam kegiatan Tsubaki Factory, meski dia selalu sigap menghindar jika ada kamera agar tak kena ekspos. Tahun ini, Tsubaki Factory menjejakkan kaki untuk kedua kali di panggung Tokyo Idol Festival, setelah merilis single major debut yang cukup menonjok di awal tahun.

 

 

Tsubaki Factory
Official Website http://helloproject.com/tsubakifactory/
Official Blog https://ameblo.jp/tsubaki-factory/
Official Twitter https://twitter.com/tsubakifac_uf
Youtube channel https://www.youtube.com/channel/UCXTsCXNGHmePgo3a47hnsAA

 

Idol School

Diasuh oleh: Qian Lin (Morning Musume)

 

 

Masih dari universe Hello!Project, mantan member generasi ke-8 Morning Musume Lin Lin (panggilan Jepang dari Qian Lin) sudah lebih dulu menjadi produser bagi grup idol asal China, Idol School. Lin Lin, yang merupakan satu dari dua member Morning Musume asal China bersama Jun Jun, membentuk Idol School pada tahun 2014 dan menulis sendiri lagu-lagu untuk grup idol yang diisi member berstatus pelajar. Baru di tahun 2016, Idol School merilis single debutnya dan mulai mendapat perhatian dari Jepang.

 

Idol School pada saat debut panggung di Shanghai tahun 2015, bersama produser Lin Lin.

 

Di tahun 2017, kesempatan Idol School untuk merambah Jepang terbuka dengan tampilnya mereka pada festival JAM EXPO. Sementara pada festival yang sama, saudara jauh mereka dari Up Front Agency (yang menaungi Morning Musume dan kolektif Hello!Project) juga ikut tampil, seperti Juice=Juice, Kikkawa You dan Up Up Girls. Sayangnya, Lin Lin tak dapat menemani grup idol asuhannya ini lantaran konflik jadwal di Shanghai. Namun begitu, beberapa member Up Up Girls sudah kadung mempromosikan Idol School dan dipastikan mereka akan dijaga dengan baik oleh ‘tante-tantenya’ di Jepang.

 

 

Idol School
Official Website http://idol-school.net/
Official Weibo http://weibo.com/idolschool

 

Komentar Anda