Skip to content

Berryz Kobo Hiatus dan Kita Tidak Akan Merindukan Momoko Tsugunaga

5 menit

Selasa 3 Maret kemarin menjadi hari bersejarah untuk Berryz Kobo, unit girlband di bawah manufaktur grup idola Jepang Hello!Project.


Melampaui usia satu dekade bukan satu-satunya sejarah yang ditoreh si centil hiperaktif Momoko Tsugunaga dan gengnya malam itu. Perayaan hari jadi lewat sebuah konser itu juga sekaligus menjadi acara perpisahan sebelum Berryz Kobo hiatus tanpa batas.

image

Berryz Kobo mengawali karir di tahun 2004 lewat single “Anata Nashi de wa Ikite Yukenai”. Single itu merupakan single pertama dari tiga single yang dirilis berturut-turut selama 3 bulan sejak Maret hingga Mei. Album pertama mereka, “1st Chou Berryz” meluncur pada bulan Juli berikutnya.

8 member Berryz Kobo adalah ‘yang terpilih’ dari 15 member Hello!Project Kids, hasil saringan dari 27.958 anak-anak kecil peserta audisi yang ingin bergabung dengan pusat pembinaan Hello!Project di tahun 2002.

Belakangan, sisa 7 member yang tak terpilih ke dalam Berryz Kobo dibuatkan grup sendiri yang bernama C-ute.

Sepanjang karir, Berryz Kobo telah menjual lebih dari satu juta keping CD dan DVD di Jepang saja. Single terakhir “Romance wo Katatte / Towa no Uta” menjadi yang paling laris dengan pembukuan lebih dari 80 ribu keping.

Berryz Kobo juga memiliki line up paling konsisten di Hello!Project. Berryz Kobo tak pernah menerima generasi baru dan hanya kehilangan Maiha Ishimura yang meluluskan diri tahun 2005. Lantas apa yang membuat mereka memutuskan untuk hiatus, dan tanpa batas pula?

image

Lewat blognya, kapten grup Berryz Kobo Saki Shimizu menceritakan panjang lebar ihwal keputusan itu diambil.

“Kurang lebih setahun sebelum pengumuman hiatus kami, sekira musim panas tahun 2013, kami mulai membicarakan soal ini. Setelah perayaan hari jadi ke-10, tiba-tiba kami tersadar jika kini kami menjadi angkatan paling tua di Hello!Project meski dulu kami sempat jadi yang paling kecil.

image

Miyabi Natsuyaki bersama member Morning Musume ’15, Angerme, dan Juice=Juice yang seluruhnya adalah kouhai/juniornya

Memasuki usia 20-an juga memberi pengaruh besar. Kami semua jadi memikirkan masa depan dengan serius. Suatu kali di ruang ganti, kami ngobrol soal ‘Mau ngapain kita setelah ini?’, ‘Apa yang mesti kita lakukan dari sekarang?’, dan hal-hal yang tak kepikiran sebelumnya. Dan ternyata kami punya keinginan masing-masing soal apa yang mau dilakukan buat masa depan.

Sejak itu kami jadi membicarakan soal ini berulang kali. Sempat juga ada member yang menangis lantaran ‘baper’ (bawa perasaan) dan membuat yang lain ikut-ikutan mewek karena simpati. Saya, sebagai kapten, mencoba mendengarkan member berbicara dan tersadar betapa kami semua sudah dewasa.

Kemudian, ada satu kesempatan ketika kami berkumpul di kantor (agensi) untuk suatu urusan, kami mengajak manajemen untuk rapat dengan kami. Di situ kadang saya merasa sedih kami menyampaikan kepada mereka bahwa kami ingin menghentikan aktivitas kami (sebagai idol) karena kami punya banyak hal yang ingin kami lakukan untuk masa depan.

image

Saya juga baru memikirkan masa depan saya ketika itu mulai jadi topik pembicaraan diantara kami. Secara saya sempat shock lantaran saya ternyata tidak mengerti hal-hal standar saat ngobrol dengan teman-teman seumuran di luar. Saya tidak tahu memakai komputer, bagaimana memesan tiket kereta dan hotel untuk travel, karena staff mengerjakan semuanya buat saya. Saya benar-benar tidak pernah mengerjakannya sendiri.

Saya juga shock begitu sadar saya bahkan tidak bisa menulis karakter kanji tertentu ketika saya harus mengisi kuesioner untuk materi publikasi. Saya mikir, ‘Apa iya saya mau gini-gini aja sebagai perempuan yang umurnya sudah 20-an?’ Buat memulai, saya mau membeli buku-buku dan mempelajari banyak hal dari awal lagi.”

Ketika debut, rata-rata usia member Berryz Kobo masih10 tahun. Mereka telah masuk ke dalam pembinaan industri idola 2 tahun sebelumnya, umur 7-8 tahun. Hampir 13 tahun kemudian, tak heran jika mereka merasa kehilangan banyak hal.

“Saya rasa, memutuskan mengakhiri apa yang sudah mereka (biasa) lakukan sejak kecil membutuhkan banyak keberanian. Saya respek kepada mereka,” komentar Airi Suzuki, member C-ute yang juga rekan sesama Hello!Project Kids para member Berryz Kobo.

Airi Suzuki menulis komentar itu di blognya usai menyaksikan konser terakhir Berryz Kobo di Nippon Budokan, yang juga dihadiri alumnus Berryz Kobo Maiha Ishimura. Turut hadir alumnus C-ute, Erika Umeda.

image

Hello!Project Kids saat menjalani pelatihan

image

Hello!Project Kids yang kemudian menjadi Berryz Kobo dan C-ute pada konser terakhir Berryz Kobo (3/3) kemarin

“Saya merasa kembali ke masa-masa Hello!Project Kids,” kata leader C-ute sekaligus leader Hello!Project saat ini, Maimi Yajima. Maimi menulis blog yang sangat panjang didedikasikan kepada masing-masing member Berryz Kobo.

Sementara itu maha-produser Tsunku yang menjadi produser seluruh grup yang ada di Hello!Project termasuk Berryz Kobo, melepas anak-anak asuh tertuanya itu dengan bijak.

“Saya yakin masih banyak hal yang semestinya mereka lakukan (sebagai idola). Tapi, saya (juga) tahu mereka sudah melakukan apa yang harus mereka lakukan,” katanya.

“Mereka akan menjalani kehidupan kedua mereka mulai besok (setelah konser terakhir -pen). Dan itulah kehidupan mereka yang sebenar-benarnya,” pungkas produser yang mengaku bahwa jumlah single Berryz Kobo jauh lebih banyak dari band rocknya, Sharam Q yang sudah eksis sejak tahun 90-an.

image

‘Berryz Kobo, Ikube!’ untuk terakhir kalinya

Member Berryz Kobo kemudian akan melanjutkan langkahnya masing-masing. Ada yang mulai meniti karir menjadi aktris, melanjutkan kuliah, atau istirahat dari dunia hiburan seperti Risako Sugaya dan Miyabi Natsuyaki. Kita akan merindukan mereka semua. Tak ada lagi ulah centil iritatif Momoko Tsugu…

Oh, tidak. Kita tidak akan merindukan Momoko Tsugunaga.

image

Sebab sebelum Berryz Kobo hiatus, dia telah menjabat sebagai manajer/member grup Hello!Project lainnya, Country Girls. Grup ini akan debut pada akhir bulan Maret 2015.

Selamat datang kembali, Momochi!

image

Komentar Anda