Skip to content

Fancam Penolong Karir EXID

5 menit

Single “Up & Down” sudah selesai dipromosikan dua bulan sebelumnya, mengapa tiba-tiba muncul kembali dan berada di puncak tangga lagu K-pop di awal tahun ini?


 

Dua minggu pertama di tahun 2015, girlband EXID mendominasi tangga lagu K-pop dengan lagu lama. Lagu “Up & Down” yang kini menjadi hit itu dirilis akhir Agustus tahun lalu dan sudah berhenti dipromosikan. Saat itu, “Up & Down” hanya mampu menembus peringkat 94 sebagai peraihan tertinggi di tangga lagu.

Di bulan Oktober 2014, seorang fancamer (fan yang gemar merekam pertunjukan langsung idola K-pop) dengan panggilan ‘pharkil’ mengunggah video EXID membawakan lagu “Up & Down” saat tampil di kota Paju. Video itu menjadi viral lantaran aksi tari Hani (member EXID) terlampau seksi hingga menarik banyak perhatian. Hingga kini, video berdurasi 3 menit 15 detik itu telah dipirsa sebanyak lebih dari 6 juta kali.

Dengan bantuan video dan saling sebar di media sosial, perlahan airplay dan streaming lagu “Up & Down” pun ikut terdongkrak. Akibatnya, lagu itu kembali masuk dalam daftar tangga lagu K-pop.

Ini biasa di Korea sana. Lagu “Cherry Blossom Ending” dari Busker Busker juga sering kembali masuk tangga lagu pada awal musim semi karena sudah jadi ‘lagu tema’ menyambut musim tersebut. Seandainya kita di Indonesia punya tangga lagu nasional, bisa ditebak Maher Zain pasti selalu masuk tangga lagu pada saat bulan puasa.

Berbekal pintu kesempatan kedua yang dibuka oleh fancam viral, EXID memutuskan kembali melakukan promosi lagu “Up & Down” pada 5 Desember lalu. Mereka sekali lagi mencoba peruntungan meraih trofi tangga lagu mingguan dengan tampil di program musik televisi.

image

EXID dan Apink head to head di program tangga lagu mingguan KBS Music Bank

Tangga lagu mingguan ini banyak disiarkan di akhir pekan. Empat yang populer adalah MNet M!Countdown (Kamis), KBS Music Bank (Jumat), MBC Music Core (Sabtu), dan SBS Inkigayo (Minggu). Setiap minggu, artis K-pop tampil di televisi-televisi ini untuk memperebutkan trofi bergengsi (hanya ada satu juara), yang dinilai dari akumulasi penjualan fisik, penjualan digital, airplay, dan streaming lagu yang tengah dipromosikan.

Saat EXID kembali melakukan promosi, lagu mereka sudah masuk top 10 pada tangga lagu tersebut. Dimulai dengan penampilan di KBS Music Bank (posisi 7) dan MBC Music Core (posisi 8), hingga akhir tahun 2014 EXID masih tertahan memenangkan trofi lantaran “LUV” dari APink tengah mendominasi.

EXID akhirnya berhasil meraih trofi juara pada program MNet M!Countdown 8 Januari lalu, sebulan setelah mereka kembali promosi. Ini membuat “Up & Down” menjadi lagu hits yang cukup lama mencapai puncak tangga lagu, sekira 5 bulan setelah dirilis.

image

EXID saat memenangkan trofi program tangga lagu mingguan MNet M!Countdown

Nasib sama sempat dialami oleh girlband Crayon Pop, dimana lagu “Bar Bar Bar” baru meraih trofi pada bulan Agustus -dua bulan sejak dirilis pada bulan Juni. Crayon Pop juga meraih popularitas setelah video musik lagu itu menjadi viral dengan trademark helm dan koreografi pegas mereka.

Euny Hong, penulis buku “The Birth of Korean Cool” menyebutkan bahwa pemerintah Korea Selatan menggelontorkan dana investasi sebesar 1 Milyar USD untuk mengembangkan Korean Wave. Namun tampaknya, peran viral justru lebih berpengaruh untuk urusan popularitas. Lihat saja bagaimana PSY dan Crayon Pop berada pada posisi mereka saat ini dengan sekadar mengandalkan video viral.

image

Lantas, bagaimana dengan nasib pharkil sang fancamer penolong EXID?

Agensi EXID kemudian mendapatkan kontak pharkil dan mengundangnya makan malam bersama EXID dan produser mereka, Shinsadong Tiger. Di luar dugaan, ia dengan sopan malah menepis undangan itu.

“Saya sibuk. Masih ada fancam girlband lain yang harus saya rekam. Nanti kapan-kapan saja ya,” katanya ditirukan oleh perwakilan agensi EXID.

Respon ini mendapatkan pujian dari netizen lantaran pharkil dianggap begitu berdedikasi dengan ‘tugas’nya sebagai fancamer tanpa pamrih. Meski begitu ia tetaplah fancamer yang istimewa buat EXID. Dalam suatu pertunjukan dimana ia kembali merekam EXID, Hani segera mengenalinya. Ia melambai ke arah pharkil dan berbisik dari jauh, “Gomawoyo” yang artinya, “Terima kasih, ya.”

EXID debut pada tahun 2012 dengan jumlah member 6 orang dari puing-puing girlband agensi JYP Entertainment yang batal debut. Dua mantan member girlband JYP itu adalah Jieun (kini di Secret) dan Hyorin (kini di Sistar). Sisanya, Yuji dan Hani ditarik membentuk girlband baru dibawah asuhan Shinsadong Tiger.

image

EXID formasi debut dengan 6 member

Di tengah jalan, EXID sempat mengalami perpecahan. 3 member termasuk Yuji keluar,  lantas membentuk girlband baru bernama Bestie. EXID lalu menambah 2 member baru, termasuk Solji -yang sebenarnya adalah guru vokal mereka.

image

Kesuksesan “Up & Down” membuat EXID dapat lepas dari bayang-bayang Bestie yang dianggap lebih sukses. Mimpi mulai tercapai satu demi satu, salah satunya tampil di acara Immortal Song yang secara tak langsung jadi ajang pembuktian kualitas girlband/boyband yang sering dianggap tak bisa bernyanyi dan cuma lipsync.

Tawaran mulai membanjir. EXID kini mulai membintangi beberapa iklan komersil dan mendapat ajakan untuk berkolaborasi. Meski begitu, sebagaimana banyak girlband/boyband K-pop, mereka masih harus membayar utang (biaya pelatihan, promosi, dsb) kepada agensi mereka. Hingga kini mereka tak banyak mengecap keuntungan selain popularitas yang menanjak.

“Kami akan membagi penghasilan kami sama rata, sampai masing-masing punya pendapatan sendiri,” kata Hani jika mereka kelak mulai mendapatkan jatah pendapatan.

image

Iklan komersil EXID untuk sneaker Akii Classic

Setelah kesuksesan pertama di MNet M!Countdown, pada minggu yang sama EXID menambah trofi KBS Music Bank, dimana untuk pertama kalinya mereka menerima trofi langsung di siaran televisi (M!Countdown sehari sebelumnya tak disiarkan) dilanjutkan tambahan trofi SBS Inkigayo untuk mengisi rak prestasi. Di minggu berikutnya, giliran MTV The Show, M!Net Countdown, dan KBS Music Bank menyerahkan trofi kepada EXID.

Minggu ini Jonghyun SHINee mulai menggeser dominasi mereka di tangga lagu. Namun demikian, popularitas yang telah mereka genggam tak ikut surut. Tantangan berikutnya, membuktikan bahwa kesempatan kedua adalah hal yang memang layak mereka peroleh. Dan itu bisa dilakukan dengan membuat rilisan selanjutnya yang lebih bagus -yang juga sulit dipenuhi oleh bintang viral pendahulu mereka, Crayon Pop dan PSY.

Tapi untuk sementara ini, selamat buat EXID!

image

 

 

 

Komentar Anda